Fitur genset diesel

Mengenal ATS Dan AMF Pada Fitur Genset Diesel dan Harganya

Saat terjadinya pemadaman arus listrik, maka sebagian orang memilih menggunakan genset diesel untuk menghidupkan kembali lampu yang telah padam. Tentunya dari harga genset diesel yang terjangkau ada berbagai fitur di dalamnya yang membuat lampu bisa menyala. Diantara fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut.

Panel Automatic Transfer Switch (ATS)

Panel Automatic Transfer Switch atau yang disingkat dengan ATS merupakan modul rangkaian elektrik yang memiliki fungsi sebagai saklar dan bisa dioperasikan secara otomatis ketika terjadinya pemutusan arus listrik oleh PLN secara mendadak. Nantinya panel ATS ini akan bekerja dengan cara memindahkan sumber listrik yang awalnya berasal dari PLN menjadi mesin genset solar (diesel). Sehingga sumber listrik pada genset akan bertukar dengan otomatis tanpa perlu dilakukan secara manual oleh tangan manusia. Ketika listrik dari aliran PLN menyala, secara otomatis panel tersebut akan mengganti alirannya. Genset tentunya akan berhenti bekerja tanpa perlu ditangani atau dioperasikan secara manual.

Automatic Main Failure (AMF)

Automatic Main Failure (AMF) merupakan panel berupa rangkaian elektrik yang bekerja secara otomatis dalam menghidupkan dan mematikan genset secara mandiri tanpa perlu campur tangan manusia saat pengoperasiannya. Tentunya panel jenis ini memungkinkan saat PLN mati, panel AMF akan menyalakan langsung genset secara otomatis, kemudian mengalirkan arus listrik. Hal ini juga berfungsi sebaliknya ketika listrik PLN sudah menyala kembali, panel AMF secara otomatis akan memutus aliran listrik, kemudian mematikan mesin genset. Panel ini tidak hanya terdapat pada genset diesel, namun juga di beberapa genset jenis lainnya.

Panel sinkronisasi

Tentunya panel sinkronisasi yang terdapat pada genset diesel ini dapat difungsikan dalam mensinkronisasikan kinerja 2 unit genset maupun lebih. Panel sinkronisasi nantinya dapat digunakan ketika adanya load variasi yang cukup besar serta penggunaan genset yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Ketika load bervariasi, tentunya akan terlalu boros ketika menggunakan satu genset saja. Sehingga dalam penerapannya, hal ini akan menghemat penggunaan listrik dari genset karena terdapat panel sinkronisasi.

Panel Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF)

Dari namanya maka anda akan mengetahui jika panel ini merupakan panel gabungan antara panel Automatic Transfer Switch (ATS) dan panel Automatic Main Failure (AMF). Dapat dikatakan bahwa panel ini merupakan gabungan dari dua panel yang telah dipaparkan sebelumnya yang tentunya dapat digunakan untuk mengubah jalur listrik dari PLN secara otomatis ke aliran listrik pada genset, dan mematikan genset ketika aliran listrik dari PLN sudah menyala kembali. Tentunya hal ini merupakan keunggulan yang bisa anda dapatkan dari harga genset diesel yang terjangkau dengan fitur yang lebih lengkap. Anda juga bisa lebih leluasa saat mengendalikan genset ketika dibutuhkan dengan beragam panel pendukung yang sudah disertakan pada fitur genset diesel ini.