tips ASI banyak

Makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI banyak secara alami

Setiap ibu pasti selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, tak lepas juga dalam pemberian ASI. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga berumur 6 bulan. Namun tak jarang ibu menyusui (BUSUI) mengalami masalah dimana ASI tak kunjung keluar, atau keluar tetapi hanya sedikit dan tidak lancar. Hingga BUSUI menjadi terburu-buru memberikan susu formula bagi bayinya karena takut bayi tidak mendapat asupan makanan yang cukup. Oleh karena itu BUSUI perlu mengetahui tips ASI banyak.

Beberapa penyebab ASI tidak keluar, salah satunya adalah karena kurangnya stimulasi saat menyusui, hormon yang menstimulasi keluarnya ASI adalah hormon oksitosin. Hormon oksitosin juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon ini diproduksi di hipotalamus dan disekresikan ke dalam aliran darah oleh kelenjar pituitari. Untuk itu penting menjaga agar BUSUI selalu dalam keadaan bahagia dan tidak stress. Karena stress akan mengurangi produksi hormon oksitosin, yang berakibat pada kurangnya stimulasi pada otot-otot yang terdapat pada payudara ibu, sehingga ASI sulit keluar.

Tips yang lain sebagai tips ASI banyak adalah dengan cara banyak mengonsumsi makanan yang merangsang produksi ASI, beberapa diantaranya serta manfaatnya bagi BUSUI adalah :

  1. Daun Katuk

Mengandung protein yang berguna untuk mencukupi kebutuhan protein BUSUI. Karena BUSUI akan membutuhkan sekitar 20 gram protein lebih banyak daripada kondisi normal, pada kondisi normal jumlah protein yang diperlukanĀ  hanya sekitar 40 gram protein setiap harinya. Sehingga praktis seorang busui akan membutuhkan sekitar 60 gram protein selama menyusui.

  1. Pepaya

Bunga dan buah pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting lainnya seperti kalium, asam folat dan enzim papain. Enzim papain dapat membantu pencernaan protein dalam tubuh sehingga lebih cepat diserap ke dalam tubuh dan digunakan untuk memproduksi ASI.

  1. Sup Daging (Ayam/ Ikan/ Sapi)

Selain mengandung banyak protein, konsumsi sup daging dapat menambah asupan cairan untuk tubuh yang dibutuhkan oleh BUSUI. Umumnya sup akan disajikan bersama sayuran lain yang membantu menambah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

  1. Havermut (Oatmeal)

Selain menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, konsumsi havermut dalam membantu seorang wanita menjadi lebih rileks dan memicu produksi hormon oksitosin.

  1. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A, beta karoten serta enzim fitoestrogen yang berfungsi merangsang produksi ASI yang banyak. Nutrisi vitamin A berguna untuk kesehatan mata bayi.

  1. Bayam

Bayam banyak mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah sehingga dapat menjadi tips agar ASI banyak. Selain itu kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh buah hati. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin A, C, E, K protein, thiamin, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium fosfor dan kalium yang sangat berguna bagi perkembangan bayi.

  1. Air

Air merupakan salah satu tips agar ASI banyak. Air jelas dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk BUSUI. Pada BUSUI disarankan untuk mengkonsumsi air lebih banyak dibanding dalam kondisi normal. Agar asupan cairan untuk produksi ASI tetap tercukupi dengan baik tanpa khawatir mengalami dehidrasi.