Faktor yang Membuat Cetak Kemasan Hard Cover Berfungsi Maksimal

Faktor yang Membuat Cetak Kemasan Hard Cover Berfungsi Maksimal

Bahan apa sih yang digunakan sebagai cetak kemasan hard cover? Apakah penggunaan barang yang bagus akan memaksimalkan fungsi dari kemasan hard cover itu sendiri? Mungkin pertanyaan semacam itu yang muncul dalam benak Anda ketika membahas tentang hard cover.

Penggunaan bahan yang bagus, tentu akan membuat hasil maksimal bukan? Begitu pula dengan kemasan hard cover, jika kertas yang digunakan bagus dan sesuai kebutuhan tentu memaksimalkan fungsinya.

Bahan atau Kertas yang Sering Digunakan Dalam Percetakan

Hard cover yang digunakan sebagai kemasan suatu produk baik itu makanan, buku atau lainnya biasanya terbuat dari kertas. Berikut ini 5 dari sekian jenis – jenis kertas yang sering digunakan dalam percetakan semacam cetak kemasan hard cover ini:

  1. Art paper, art paper mempunyai permukaan yang licin dan halus. Kertas jenis ini juga biasa di manfaatkan sebagai kertas brosur, majalah, dan katalog. Beratnya mulai dari 85gr, 100gr sampai dengan 150gr.
  2. Art carton, permukaan art carton tidak jauh beda dengan jenis art paper. Pembedanya adalah ketebalan dari art carton. Art carton memiliki gramatur yang lebih tebal dan biasa digunakan untuk percetakan name tag, cover sebuah buku, paper bag, map dan masih banyak lagi
  3. Ivory, ivory hampir sama seperti jenis kertas art carton namun sisi yang halus dan licin hanya dimiliki oleh satu sisi saja. Sedangkan yang lainnya tanpa coating dan biasa digunakan sebagai pembungkus kosmetik dan paper bag.
  4. Dupleks, dupleks mempunyai 2 sisi yang berbeda. Yang satu mempunyai warna putih dan sisi satunya berwarna abu-abu. Kertas jenis ini biasa dimanfaatkan sebagai pack dari obat-obatan atau pun makanan. Beratnya mulai dari 250, 270, 310, 350, 400, 450 sampai dengan 500 gram.
  5. HVS, sedangkan jenis ini permukaannya kasar dan sering digunakan untuk mencetak maupun foto copy. Beratnya mulai dari 60 gram sampai 100 gram.

Bahan Bagus Memaksimalkan Fungsi Kemasan Hard Cover

Kemasan memiliki fungsi masing-masing, apakah itu kemasan makanan, kosmetik, atau lainnya? Jika pengemasan tersebut dilakukan untuk barang yang jumlahnya banyak, maka pengemasan tersebut akan sangat membantu ataupun menjadikan mudah proses penyimpanan, distribusi, hingga pengalokasian. Sebab itulah para pengusaha biasa menggunakan kemasan hard cover sebagai pembungkus produknya.

Jika penggunaan kertas sebagai pembungkus sesuai dengan keperluan maka fungsinya akan tepat. Namun, jika kertas yang dipakai salah penggunaannya maka akan memperburuk keadaan barang. Semisal produk yang dijual adalah makanan, maka sebaiknya kertas yang dipakai sebagai kemasan hard cover adalah karton atau kardus agar makanan yang didalamnya terjaga keawetanya. Maka dari itu, penggunaan bahan yang tepat mampu memaksimalkan fungsi cetak kemasan hard cover tersebut.