Online training bisa menjadi solusi turnover tinggi

Online training solusi karyawan gonta-ganti

Rata-rata perusahaan sekarang mengalami turnover rate yang tinggi, yaitu di mana sering terjadi karyawan resign, lalu digantikan dengan karyawan-karyawan baru. Beberapa menyalahkan kondisi tersebut pada generasi milenial yang katanya mudah bosan sehingga sering berusaha mencari pekerjaan-pekerjaan baru. Selain masalah waktu untuk mencari karyawan baru, training karyawan baru tersebut juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Training karyawan baru sering menjadi invisible cost dalam operasi perusahaan sehari-hari. Pada masa training, karyawan baru belum bisa bekerja secara maksimal pada peran yang diisinya. Selain itu, diperlukan juga waktu dari karyawan yang lebih senior untuk mendampingi karyawan baru tersebut dalam training.

Pada akhirnya, perusahaan mau tidak mau harus beradaptasi pada kondisi karyawan yang sering bergonta-ganti. Hal-hal berikut bisa dijadikan acuan untuk menghadapi tantangan tersebut.

Perlengkapan dokumen SOP

Dokumen-dokumen SOP sudah menjadi suatu kewajiban dalam perusahaan yang ingin menerapkan standar ISO. Dokumentasi SOP menjadi suatu penunjang keberlangsungan perusahaan. Tidak mudah untuk menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dan mungkin karyawan merasa dokumen SOP ini sangat memakan waktu, bahkan mengganggu jalannya operasi. Tapi pada akhirnya dokumen SOP sangat berguna bagi karyawan-karyawan baru, begitu juga untuk evaluasi kerja ketika perusahaan mengalami masalah dalam sehari-hari.

Kurikulum training

Kurikulum training dan modul-modulnya menjadi acuan sistematis untuk melatih karyawan baru. Tanpa panduan ini, pelaksana training, baik pelatih maupun karyawan senior sebagai pendamping, akan kesulitan dalam memberikan materi. Kesannya memang para karyawan senior tidak merasa kesulitan dalam membagikan pengetahuan seputar pekerjaannya. Tapi, jika proses training ini tidak dibakukan, training yang berlangsung akan menjadi tidak sistematis dan pada akhirnya bisa tidak efektif. Kalau sudah tidak efektif, tidak hanya masa training memakan waktu lebih lama, bisa jadi karyawan yang baru itu pada akhirnya tidak mendapatkan skill yang seharusnya dimiliki.

Solusi online learning pada era sekarang

Dekade 2010an menjadi momen di mana kursus online atau MOOC (massive open online course) menjamur. Kita melihat platform-platform kursus online seperti EdX, Coursera, dan Udacity berkembang dan memiliki peserta didik yang sangat banyak. Ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan dalam menerapkan training. Training online yang rata-rata berbentuk video, memungkinkan karyawan baru untuk belajar sendiri dalam mayoritas masa trainingnya. Tidak hanya itu, dalam menerapkan online training ini, mau tidak mau kurikulum training pun juga sudah dibakukan. Pada akhirnya jika era ini membawa masalah baru bagi perusahaan, solusi yang baru pun juga muncul.