usaha kreatif

Apa Saja Sektor Ekonomi Kreatif Yang Mulai Berkembang?

Menurut definisi seorang ahli, Howkins, ekonomi kreatif adalah sebuah kegiatan ekonomi dimana input dan output yang dihasilkan adalah gagasan. Inilah esensi seungguhnya dari kreativitas, yakni gagasan. Kemampuan untuk memadukan kreativitas dalam berbagai hal dan semakin mengembangkannya inilah yang dapat menjadi alat penting untuk menghadapi situasi persaingan ekonomi. Dari sinilah kemudian muncul ekonomi kreatif yang banyak dilirik masyarakat guna mengembangkan kesejahteraannya.

Indonesia, disinyalir punya potensi yang besar untuk dapat mengembangkan ekonomi ini. Keanekaragaman hayati, budaya dan potensi masyarakatnya merupakan beberapa alasan kuat untuk membuat Indonesia memilih ekonomi kreatif. Bahkan ekonomi kreatif dipercaya dapat memberikan sumbangsih yang besar dalam memajukan perekonomian nasional disamping dua sektor lainnya. Dua sektor tersebut adalah pariwisata dan tenaga kerja yang handal dan berkualitas. Potensi yang dimiliki tiga sektor ini tak diragukan lagi dapat memberi nilai devisa yang tinggi bagi negara.

Beberapa sektor ekonomi kreatif yang kita miliki adalah

  1.             Periklanan

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa periklanan yang meliputi proses produksi, kreasi, dan distribusi. Ditambah lagi dengan tampilan iklan dan pemasangan dan penyebaran berbagai iklan.

  1.             Aksitektur

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan desain sebuah bangunan baik dari level makro ( town planning, urban design, dan landscape architecture) hingga level mikro ( detail kontruksinya) secara menyeluruh.

  1.             Fashion

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian, sepatu atau alas kaki lainnya, aksesoris, dan konsultasi masalah produk dan mode fashion.

  1.             Fotografi

Kegiatan kreasi yang terkait dengan produksi video, film, ataupun jasa fotografi.

  1.             Pasar Barang Seni

Kegiatan kreatif ini berkaitan dengan perdagangan barang-barang seni yang unik, langka dan asli melalui beberapa wadah seperti galeri, lelang, dan bahkan internet.

  1.             Desain

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan segala macam desain, baik desain grafis, desain interior, desain produk, dan konsultasi tentang kemasan atau jasa pengepakan.

  1.             Musik

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan rekaman suara

  1.             Kerajinan (Craft)

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk-produk yang dihasilkan oleh tenaga pengrajin dari desain awal hingga produk selesai. Produk kerajinan ini biasanya dibuat dengan skala kecil.

  1.             Kuliner

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pembuatan dan penyajian makanan atau minuman.

  1.          Seni Pertunjukkan (Showbizz)

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan pengembangan produksi pertunjukkan.

Dari beberapa sektor ekonomi kreatif yang telah disebutkan di atas, ternyata ada tiga sektor yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat sehingga mampu menjadi penggerak perekonomian Indonesia. Tiga sektor tersebut adalah kerajinan (craft), kuliner, dan fashion. Hal ini disampaikan oleh Bekraf, selaku lembaga non kementrian yang bertanggungjawab dalam pengembangan ekonomi kreatif negara kita.

Bekraf juga mengemukakan bahwa pihaknya dibantu semua faktor pendukung juga terus berupaya untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif lainnya supaya dapat mencapai hasil yang sama. Jika tujuan tersebut tercapai, maka semakin kokohlah perekonomian nasional kita nantinya.